Keliru Menghapus Aplikasi Bluetooth di Ubuntu Gnome 14.04

Karena saya merasa koneksi bluetooth di Ubuntu Gnome 14.04 LTS hanya memerlukan aplikasi Blueman, saya hapus aplikasi Bluetooth melalui Synaptic. Ternyata akibatnya fatal, komputer hanya bisa sampai booting grub, setelah itu hanya muncul halaman terminal 😞.

Komputer yang saya pakai dualboot dengan Ubuntu 16.04 LTS, meskipun OS pertama tidak bisa digunakan, OS kedua bisa menjadi alternatif. Tapi saya merasa kurang cocok dengan Ubuntu 16.04 buatan Ubuntu, beberapa tombol keyboard tidak bisa digunakan.

Saya menghapus aplikasi bluetooth di Ubuntu 14.04 Gnome karena terinspirasi dari Ubuntu 16.04. Bluetooth di Ubuntu 16.04 saya hapus, OS tetap berjalan normal. Saya kira Ubuntu 16.04 sama seperti 14.04, sehingga saya hapus bluetooth di Ubuntu 14.04.

Setelah dua pekan otak-atik, coba install beberapa aplikasi, dan restart berkali-kali alhamdulillah terpecahkan juga masalah ini. Solusinya adalah install kembali gdm (Gnome Display Manager).

Hubungkan komputer ke internet, kebetulan komputer saya bisa terkoneksi dengan wifi kantor tanpa password. Jadi setiap saya aktifkan wifi di komputer, otomatis sudah terkoneksi internet, saya tinggal mengamati kecepatan internet. Biasalah,,, koneksi sering putus.

Setelah terkoneksi internet, masuk terminal dan tuliskan perintah:
sudo apt install gdm
Kemudian restart komputer, dan tampilan akan kembali normal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »